Radang lambungku kambuh lagi


Sigh**** setelah sekian lama akhirnya si radang datang lagi, tepat 4 bulan setelah saya pindah tempat kerja.. 4 hari menjelang hari cutiku, mual dan perih menyerang perut, sangat tidak menyenangkan. Dokter mendiagnosa radang lambung dan dehidrasi akut. Sedari kecil saya memang bermasalah dengan urusan pencernaan namun baru kali ini yang saya rasakan sangat menyiksa.... 24 jam dengan 5 botol cairal RL dan berada di sebuah klinik yang apa adanya membuat rasa mual kian bertambah. Ruangan dengan bau bedak bayi menyengat, tikus keliaran dan kamar mandi yang dipakai bersama, ironis, di kelilingi tambang2 besar rumah sakit pun mereka tidak punya, bahkan untuk standar klinik yang layakpun tidak ada. Esok harinya saya langsung minta cabut dari klinik meski rasa mual dan pusing masih bersisa. Setelah seharian istirahat di mess, mual itu tidak juga hilang, bahkan bertambah dengan demam, berkeringat, perasaan gelisah dan tidak nyaman yang sangat mengganggu. Sesuai anjuran dokter, saya harus menghentikan obat yang saat itu saya bawa dari dokter di klinik, 1 pack obat lambung, 1 pack obat mual dan 1 botol obat berupa cairan yang berfungsi melapisi dinding lambung. Bersisa obat cair yang saya minum, Alhamdulillah sembuh dan saya dapat beristirahat dengan nyaman... 2 hari kemudian saya berangkat cuti dengan rute penerbangan banjarmasin-surabaya-makassar, daaaaaan mual itu tidak juga hilang, dinginya AC cabin rasanya semakin menggigit lambung saya,  sempat ke toilet dan muntah. Saya kemudian membeli 2 botol air mineral dan langsung saya minum, lumayan meredakan.. Kalau udah kayak gini, rasanya saya bukan lagi backpacker yang siap menggendong ransel kemana2, betapa kesehatan sangat mahal harganya..

Entah kenapa radang ini kambuh lagi, dan saya memutuskan untuk istirahat bekerja beberapa saat untuk relax sebentar. Kata temen saya mungkin saya terkena psikosomatis (stress yang menyebabkan melemahnyakondisi fisik seseorang)
Entahlah... yang pasti saya ingin cepat sampai dan beristirahat..

**Ketikamenunggu penerbangan selanjutnya diJuanda Intl. Airport (20 April 2012)

Komentar